Powered by Blogger.

Membuat Form Login Tanpa Database di NetBeans

Halo Jon..Apa kabar..? Maaf jarang post di blog lagi, sibuk banget sama kuliah dan kerjaan nih ane.. Edho
Tapi berhubung ada temen ada yang minta buatin tutorial tentang program, jadi pengen ane bikin post aja di blog nih, jadi aji mumpunglah.. Edho


Well, kali ini ane mau share tutorial cara buat bijimana bikin Form Login di NetBeans tanpa pakai database. Tapi maaf sebelumnya ya jon disini ane juga masih newbie jadi ini sekedar sharing aja ilmu yang ane dapat, Edho

 kalo mau yang lebih advance bisa surfing di mbah kita semua mbah google.. Edho

Okay langsung aja, HERE WE GO.. Edho

1. Langkah pertam adalah buat project baru.




Sebagai contoh di sini saya menggunakan nama project "Tutorial", dan saya UNCHECK untuk Create Main Class-nya karena saya lebih suka membuat Class baru dengan nama sesuai keinginan sendiri


2. Langkah kedua yaitu membuat Java Package. Seperti yang ane bilang sebelumnya saya lebih suka membuat class sendiri daripada default saat membuat project. Tapi buat kalian yang udah bikin secara default step ini bisa di skip saja. 


Saya menamai Java Package "latihan", seperti berikut



3. Selanjutnya membuat Form baru, sebagai contoh ane menamai form baru "login"



4. Buat desain seperti di bawah, kemudian ubah variabel-variabelnya menjadi :

textfield untuk username : user_tf
passwordfield untuk password : password_pf
button : login_button

Caranya : Klik kanan pada item yang variabelnya akan diubah, kemudian klik change variable name.


5. Tambahkan aksi pada button Login, dengan cara sebagai berikut :


Kemudian masukin script code berikut :

if(user_tf.getText().equals("admin")) // admin = username yang akan digunakan
        {
            if(password_pf.getText().equals("admin")) // admin = password
            {

                this.dispose(); //menutup form login
             
                //menuju form lain. Contoh disini adalah form home.
                home menu=new home(); //mendeklarasikan form home sebagai variabel menu, menu disini hanya nama, jadi bebas sebenarnya
                menu.setVisible(true); //memanggil form home

            }else
            {
                //Jika password salah
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Incorrect Password","Error",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);//memanggil message dialog
                password_pf.setText("");//mengosongkan password field
                password_pf.requestFocus();//mengganti fokus ke password field
            }
        }
        /*
        Jika ingin menambahkan username dan password lain, bisa ditambahkan else if disini
        dengan script sama seperti if di atas.      
        */
        else
        {
            //jika username salah
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"User ID And Password is Invalid","Error",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
            user_tf.setText("");//mengosongkan text field
            password_pf.setText("");//mengosongkan password field
            user_tf.requestFocus();//mengganti fokus ke password field
        }

6. Selanjutnya tinggal membuat form lain yang akan muncul setelah login sukses.
Perlu diingat nama form baru ini harus sama dengan nama form yang dipanggil di form login. Edho Dalam  script di atas ane mencontohkan form "home" yang akan dipanggil, jadi home hanya sebuah nama, bebas sebenernya.

Berikut adalah contoh tampilan home ane :


7. Dan ini tampilan aplikasi jika dijalankan





Selesai jon, form login udah jadi.
Selamat mencoba.. 
Edho




4 Komentar untuk "Membuat Form Login Tanpa Database di NetBeans"

Gan kalo mau tambahin username & password di form login gimana sih...?
Maaf gan,saya masih bingung...
Saya udah coba, tapi gagal terus gan...
Mohon prosedurnya...

klo untuk dua user atau lebih gmn gan kok sy coba pke else gbsa gagal trs gan??

maaf bantu jawab.. kurang lebih seperti ini..

if(txtUsername.getText().equals("admin")){
if(txtPassword.getText().equals("admin")){
mnBar.setVisible(true);
this.pnLogin.setVisible(false);
}else{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Password salah", "Informasi", JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
txtPassword.setText("");
txtPassword.requestFocus();
}
}else if(txtUsername.getText().equals("user")){
if(txtPassword.getText().equals("user1234")){
mnBar.setVisible(true);
this.pnLogin.setVisible(false);
}else{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Password salah", "Informasi", JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
txtPassword.setText("");
txtPassword.requestFocus();
}
}
else{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Username salah", "Informasi", JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
txtUsername.setText("");
txtUsername.requestFocus();
}

Back To Top